Genset diesel memiliki beberapa fitur penting, seperti fitur panel automatic transfer switch dan automatic main failure. Dengan mengetahui dua fitur ini, Anda bisa mengoperasikan genset dengan baik dan benar. Lalu, apa sebenarnya fitur panel ATS dan AMF yang ada pada genset? Apa pula fungsi dari fitur tersebut? Pelajari fitur tersebut sehingga Anda tidak kesulitan saat mengoperasikan genset.

Panel Automatic Transfer Switch 

Fitur panel Automatic Transfer Switch atau panel ATS dikatakan sebagai saklar pada genset. Fitur ini bisa beroperasi secara otomatis jika listrik dari PLN padam. Fungsi dari panel ini adalah untuk memindahkan sumber listrik dari PLN ke mesin genset. Selain itu, fitur ini juga akan membuat genset berhenti bekerja secara otomatis jika listrik dari PLN kembali menyala. Sistem otomatis inilah yang menjadi keunggulan genset dengan sistem panel Automatic Transfer Switch. Pengguna tidak perlu harus mengoperasikan genset saat terjadi kendala pada listrik PLN sehingga jauh lebih mudah dan aman. 

Panel Automatic Main Failure

Genset diesel biasanya juga memiliki fitur panel Automatic Main Failure atau AMF. Sesuai dengan namanya, panel rangkaian listrik ini membantu menghidupkan dan mematikan genset diesel secara otomatis. Sistem otomatis ini akan bekerja saat listrik PLN bermasalah. Jadi, genset akan dinyalakan secara otomatis oleh panel Automatic Main Failure kemudian panel Automatic Transfer Switch akan memindahkan sumber listriknya jika ada masalah pada listrik PLN. 

Panel Sinkronisasi 

Beberapa perusahaan mendesain genset tidak hanya dengan panel AMF ataupun panel ATS tetapi juga dengan panel sinkronisasi. Sesuai dengan namanya, panel ini berguna untuk mensinkronisasi genset jika Anda menggunakan lebih dari 2 unit genset. Selain mensinkronisasi 2 atau lebih unit genset, panel ini juga berfungsi untuk menghindari risiko overload  saat Anda menggunakan genset dalam waktu yang lama dan tanpa henti. Dengan adanya panel ini, maka penggunaan listrik pada genset lebih tahan lama. Artinya, Anda pun bisa menggunakan genset lebih lama.     

Manfaat Menggunakan Genset Diesel dengan Panel ATS, AMF, dan Sinkronisasi

Genset dengan panel ATS, AMF, dan sinkronisasi memiliki beberapa manfaat. Contohnya, saat listrik PLN padam, maka lampu akan segera menyala. Hal ini terjadi karena proses pemindahan yang dilakukan oleh panel ATS sangat cepat. Biasanya, Anda hanya perlu menunggu beberapa detik saja setelah listrik PLN padam untuk mendapatkan listrik cadangan dari genset. 

Tentu saja, Anda tidak perlu turun tangan langsung untuk mengoperasikan genset tersebut. Proses operasi hingga pemindahan listrik berjalan secara otomatis. Anda bisa tetap tenang saat listrik PLN padam secara tiba-tiba karena beberapa detik kemudian lampu akan menyala kembali karena genset. 

3 panel tersebut juga memberikan perlindungan ekstra. Genset diesel dengan 3 panel tersebut menjaga daya listrik agar tidak turun drastis secara tiba-tiba. Rumah Anda pun akan terhindar dari konsleting. Kerusakan alat elektronik saat listrik padam tiba-tiba pun bisa diminimalisir.   

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *