Atap adalah mahkota bangunan, selain itu juga mempengaruhi tingkat keselamatan para penghuninya. Atap yang ringan akan lebih aman digunakan. Terutama untuk wilayah yang rawan terjadi gempa, maka sebaiknya pergunakan genteng ringan. Seiring waktu maka bermunculan teknologi baru yang diterapkan pada berbagai jenis genteng metal yang merupakan genteng ringan. Berikut beberapa diantaranya.

Genteng Metal Pasir

Genteng metal sudah terkenal berbobot ringan tak hanya ringan bobotnya saja tapi juga ringan harganya, namun sayangnya ada keluhan antara lain pada kebisingan suaranya, terutama ketika sedang tertimpa oleh guyuran air hujan, juga rasa panas yang diteruskan dari terik sinar matahari pada saat cuaca panas terik, yang lalu terasa panasnya di ruangan yang berada di bawahnya, juga dengan mudah tergores dan terkelupas catnya. Hal tersebut lantas berusaha diatasi pada genteng Metal pasir yakni genteng metal hasil pengembangan teknologi yang terbaru, yang terbuat dari campuran komposisi berbahan dasar utama zincalume, dan zinc phospat serta coraltex, yang lalu dikombinasikan dengan lapisan serbuk bebatuan. Sehingga membuat genteng metal pasir ini menjadi tetap ringan bobotnya, namun lebih mampu awet dan tahan lama, warna cat pun bisa menempel dengan lebih kuat, serta tak akan menjadi berisik, terutama pada saat tertimpa guyuran air hujan juga dapat lebih awet, dan tahan panas pula. Meski harganya lebih tinggi namun nilai lebih atau keunggulannya sesuai dengan harganya dan juga lebih menguntungkan.

Genteng Metal Millennium

Sama dengan temuan terbaru genteng metal berpasir, maka genteng metal millennium ini juga adalah suatu hasil dari suatu pengembangan teknologi yang terbaru pada variasi model atap rumah. Genteng metal millennium ini tampilannya modern dan stylish, serta berkesan metalik, juga futuristik, sehingga sangat cocok jika digunakan pada suatu hunian rumah bergaya modern minimalis. Bahan material genteng metal millennium ini adalah terbuat dari stainless steel kelas ASTMA 240. Cara pemasangannya dengan menggunakan sistem interlock. Genteng ini ringan namun kokoh dan kuat, cocok untuk dijadikan sebagai atap rumah serta dapat didaur ulang pula, jadi ramah lingkungan.

Itulah temuan terbaru genteng metal yang merupakan genteng ringan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *