Pemerintah pusat atau daerah dimana pada wilayah tersebut terdapat banyak pabrik atau industri, seperti halnya perusahaan menufaktur kosmetik Indonesia, pasti harus menyediakan sarana dan prasarana dalam mendukung produktivitas akan pabrik atau industri tersebut. Kawasan industri yang bergerak dalam bidang apapun, biasanya disediakan oleh pemerintah yang dibuktikan dalam dimasukkannya kawasan industri dalam tata rancang bangun atau desain sebuah kota yang dilengkapi oleh infrastruktur jalan dan lainnya yang akan memudahkan mobilitas dan produksi pabrik dan industri di kawasan tersebut. Sarana jalan yang diupayakan termasuk jalan lintas darat, udara dan laut. Juga fasilitas komunikasi berupa provider yang ada, serta sarana listrik juga sanitasi yang baik. Dan kebutuhan lainnya yang dapat menunjang kegiatan sebuah industri atau pabrik.

Pemerintah biasanya mensupport Kawasan industri yang dibangun dengan terpadu adalah dalam rangka pemenuhan kebutuhan akan penyaluran tenaga kerja, menumbuhkan nilai jual hingga pada tahap eksport serta percepatan peningkatan kemajuan ekonomi daerah dan Negara. Hal ini tentu berdampak pada pertumbuhan ekonomi Negara juga.

Perusahaan manufaktur kosmetik biasanya juga menempatkan pabrik mereka pada kawasan industri mengingat kawasan yang sudah dipersiapkan oleh pemerintah tersebut sudah sangat siap untuk digunakan. Bahkan gedung dan bangunan yang ada juga sudah siap digunakan oleh produsen suatu produk. Seperti apa sebuah kawasan industri yang didalamnya juga terdapat perusahaan kosmetik, mari simak pembahasannya berikut ini:

– Luas lahan yang memadai

Tentu saja sebuah pabrik atau industri memiliki bangunan yang besar. Dimana sebuah proses produksi dilakukan dalam skala besar. Hal ini harus didukung dengan bangunan yang luas. Maka dari itu jika dalam sebuah kawasan banyak terdapat pabrik atau industri misalnya perusahaan manufaktur kosmetik, perusahaan konveksi atau industri kimia dan lainnya, maka areal atau lahan yang diperlukan harus sangat luas.

Areal yang diperlukan untuk hal ini bisa mencapai hingga 5000 hektar bahkan lebih. Tentu suatu kawasan yang sangat luas dan terpadu. Areal ini harus sudah dimatangkan segala sarana dan prasarananya. Misalnya saluran air bahkan kantin juga sanitasi yang lengkap.

– Adanya manajemen yang baik

Diperlukan manajemen pengelola yang baik. Hal ini dikarenakan pihak pengguna pabrik atau pengguna gedung pasti tidak memiliki waktu dalam menangani sarana sanitasi dan lainnya dikarenakan mereka harus fokus pada produksi mereka. Biasanya manajemen akan memperkerjakan tenaga cleaning, maintenance dan lainnya seperti koki atau tenaga lain yang diperlukan agar proses dan mobilitas produksi pengguna bangunan pabrik dapat berjalan lancar.

– Memiliki izin

Tentu saja agar kegiatan produksi dari para pengguna pabrik dan industri dapat berjalan lancar,  tanpa adanya gangguan yang berkaitan dengan perizinan, maka pihak pengelola mengantongi izin penggunaan lahan. Begitu pula para produsen pengguna lahan kawasan industri tersebut juga memiliki izin akan usaha. Perusahaan manufaktur kecantikan harus konsen dalam hal ini mengingat produksi kecantikan yang akan digunakan haruslah memiliki izin dalam hal apapun termasuk izin produksinya.

Sebuah kawasan industri yang kompleks tentu akan sangat mendukung operasional sebuah perusahaan layaknya perusahaan manufaktur kosmetik yang memiliki tingkat produksi tinggi dalam pemenuhan permintaan pasar.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *