Apa jadinya restoran tanpa kompor? Sudah pasti dapur restoran tersebut akan berjalan jauh dari harapan karena kompor adalah jantung restoran itu sendiri. Banyak proses memasak yang membutuhkan panas dari kompor meskipun saat ini teknologi memasak tanpa kompor juga sudah diperkenalkan ke dunia restoran. Tetap saja peran kompor masih belum bisa tergantikan dalam sebuah dapur restoran. Kompor komersial sebagai salah satu commercial restaurant equipment penting pastinya mempunyai spesifikasi yang berbeda dengan kompor yang biasa digunakan untuk rumah tangga. Kompor untuk bisnis restoran harus bekerja ektra keras dalam jangka waktu lama untuk menyiapkan pesanan pelanggan. Untuk itu, hal-hal berikut ini sebaiknya dipertimbangkan saat akan memilih kompor komersial.

Fungsi

Kompor komersial yang biasa digunakan oleh restoran biasanya mempunyai tugas untuk menjalankan beragam fungsi. Kompor komersial untuk restoran umumnya merupakan perlengkapan memasak yang meliputi area memasak yang terpisah  dengan beragam pilihan sumber panas. Sumber panas yang digunakan bisa berupa listrik, gas, maupun induksi. Kompor komersial bisa digunakan untuk beragam metode memasak meskipun hanya dengan menggunakan satu perlengkapan komersial restoran saja. Kompor komersial terdiri atas dasar dan atas kompor. Karena begitu pentingnya kompor komersial untuk restoran dan betapa berat tugas yang diemban oleh perlengkapan restoran ini, pemilik restoran tidak disarankan untuk membeli kompor komersial bekas pakai. Kompor komersial bekas pakai mungkin masih terlihat layak dari luar, tetapi bagian dalamnya yang terbuat dari besi boleh jadi sudah mulai rusak sehingga tidak bisa memberikan fungsi optimal dalam jangka waktu yang lama.

Listrik atau Gas

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli kompor commercial restaurant equipment, Anda mungkin harus memilih antara menggunakan kompor listrik atau kompor gas. Kompor gas untuk industri memang lebih populer karena kompor ini memiliki kemampuan untuk menyediakan regulasi suhu dengan lebih tepat dan cepat. Akan tetapi, ada beberapa alasan yang membuat kompor listrik komersial harus dipilih misalnya karena gas tidak tersedia dan biaya listrik lebih murah daripada biaya gas. Selain itu, kompor listrik juga dipilih karena bangunan atau ruangan tertentu tidak dilengkapi dengan saluran ventilasi yang layak untuk kompor gas komersial. Kompor listrik sendiri tampak lebih mulus dan elegan. Kompor listrik juga lebih mudah dibersihkan dibandingkan dengan kompor gas.

Ukuran

Faktor terakhir yang tidak boleh dilupakan saat akan membeli kompor commercial restaurant equipment adalah ukuran. Kompor komersial ditawarkan dengan beragam ukuran dan konfigurasi bagian atas yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan spesifik masing-masing restoran. Restoran pada umumnya membutuhkan kompor komersial model standard-duty dan heavy-duty sekaligus. Tentu sebelum Anda membeli apapun jenis kompor komersial untuk bisnis restoran Anda, ada baiknya Anda terlebih dahulu mengukur luas ruangan yang tersedia di dapur restoran untuk meletakkan kompor komersial ini.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *