Berbelanja di e-commerce ­atau situs belanja online sudah menjadi kebiasaan bagi masyarakat yang menginginkan kegiatan berbelanja yang lebih mudah. Hal itu disebabkan karena situs e-commerce menawarkan berbagai keuntungan serta kemudahan bagi para masyarakat yang ingin berbelanja produk apapun. Kemudahan tersebut dapat dinikmati berkat sistem yang diterapkan dalam proses perbelanjaan yang disediakan situs e-commerce tersebut. Sistem tersebut bernama ERP, yaitu singkatan dari Enterprise Resource Planning. Sistem ERP tersebut merupakan layanan dari sebuah perusahaan perangkat lunak yang melakukan integrasi ERP dan ecommerce untuk memudahkan proses perbelanjaan dari e-commerce.

Sistem ERP sangat membantu situs e-commerce dari segi produksi dan distribusi. Hal tersebut disebabkan karena sistem ERP memiliki keunggulan yaitu terintegrasi secara otomatis dengan berbagai proses yang dibutuhkan pada e-commerce. Proses tersebut antara lain perencanaan, pendataan yang meliputi pendataan persediaan produk dan pendataan transaksi dan lain-lain. Dalam proses perencanaan, sistem ERP berpengaruh untuk pengambilan keputusan dalam pemanfaatan sumber daya, seperti sumber daya material, sumber daya manusia, dan sumber daya peralatan. Sistem ERP juga dapat memberi laporan yang diperlukan secara otomatis, yang dapat dipantau kapan saja dan di mana saja.

Pada proses pendataan, terdapat beberapa proses seperti pendataan pembayaran dan pendataan persediaan. Saat data masuk, maka sistem ERP akan otomatis memperbarui data, sehingga data yang tersedia lebih aktual. Data yang dimasukkan hanya perlu dimasukkan sekali ketika proses tersebut berlangsung. Oleh karena itu, sistem ERP ini sangat membantu untuk produktivitas dan efisiensi kerja dari perusahaan e-commerce karena sistem tersebut dapat meminimalisasi kesalahan dan duplikasi pendataan pula.

Berdasarkan hal-hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa sistem ERP sangat membantu untuk membangun sistem yang lebih efisien untuk perusahaan e-commerce. Apalagi minat masyarakat yang cukup tinggi untuk berbelanja di e-commerce harus dimaksimalkan dengan menyediakan pelayanan yang maksimal serta pengelolaan yang baik. Jadi, selayaknya memang e-commerce terintegrasi dengan sistem ERP agar dapat memaksimalkan sistem pengelolaan yang ada di perusahaan e-commerce tersebut.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *