Solar Cell Indonesia atau yang lebih dikenal dengan nama Sel Surya adalah salah satu perangkat atau bisa juga komponen yang memiliki fungsi untuk merubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik yang mana untuk menghasilkan energi ini nantinya akan menggunakan prinsip dengan efek photovoltaic. Lalu apa itu Photovoltaic?

Ini adalah salah satu efek yang berasal dari fenomena dimana bisa muncul tegangan dari listrik karena memiliki hubungan atau kontak dari dua elektroda yang mana kemudian dihubungkan dengan sebuah sistem padatan atau cairan yang pada saat mendapatkan sebuah energi cahaya. Oleh karenanya, Sel Surya ini juga sering kali disebut dengan Sel Photovolaic atau disingkat menjadi PV. Dan menurut sejarahnya pertama kali efek dari PV ini ditemukan pada tahun 1839 oleh seorang bernama Henri Becquerel.

Untuk arus listrik sendiri timbul sebenarnya karena adanya energi dari foton cahaya matahari yang kemudian diterimanya bisa berhasil membebaskan beberapa elektron yang ada di dalam sambungan semikonduktor. Ada dua tipe semikonduktor yang digunakan pertama adalah tipe N dan yang kedua adalah tipe P. Kedua semikonduktor ini digunakan untuk mengalirkannya. Sebenarnya sama dengan Photodiode, dimana sel surya atau sel cell ini sendiri memiliki kaki yang mana memang memiliki kaki Positif dan juga kaki yang negatif kemudian saling berhubung menjadi rangkaian atau perangkat yang memang memerlukan sumber listriknya. 

Sebenarnya, Solar Cell Indonesia adalah Photodiode yang mana memiliki permukaan yang sangatlah besar. Dimana permukaan dari Solar Cell ini menjadikan komponen atau perangkat dari Solar cell ini akan menjadi sensitif terhadap cahaya – cahaya yang akan masuk sehingga pada akhirnya akan menghasilkan tegangan dan juga arus yang jauh lebih kuat dari pada hanya sekedar Photodiode yang secara umum. Misalnya adalah jika Solar Cell yang dibuat dengan menggunakan bahan dari semikonduktor yang memiliki sikap silikon bisa menghasilkan tengangan dengan kekuatan 0,5V dan memiliki arus sebesar 0.1A pada saat Solar Cell ini terkena langsung cahaya matahari. Sehingga anda bisa memanfaatkan energi ini untuk menggunakan listrik. 

Dan perlu anda pahami dan ketahui juga, jika saat ini ada banyak sekali aplikasi dari Solar Cell Indonesia yang bisa anda pilih dan anda gunakan. Misalnya adalah sumber listrik yang digunakan untuk Kalkulator, mainan, mengisi baterai hingga yang lebih ekstrim adalah untuk pembangkit listrik rumahan. Bahkan tak jarang ada beberapa yang juga menggunakan Solar Cell ini sebagai salah satu sumber listrik yang digunakan untuk menggerakkan Satelit yang bertujuan untuk mengorbit bumi kita. 

Dan dengan kata lain, saat ini Solar Cell bisa menjadi pilihan lain, untuk anda yang memang ingin menghemat listrik dengan memanfaatkan tenaga cahaya matahari untuk mendapatkan aliran listrik. Dan tentu saja ini jauh lebih ramah lingkungan. 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *