Sering kali terdengar kabar mengenai suatu pemerintahan daerah yang mendapat denda karena terlambat dan menunggak pembayaran tagihan listrik untuk biaya lampu PJU (Penerangan Jalan Umum) yang terpasang di wilayahnya, dan bahkan nada yang hingga terancam pemutusan aliran listrik. Mengingat vitalnya fungsi dan manfaat lampu PJU tersebut bagi masyarakat banyak maka kiranya hal tersebut dapat dihindari, yakni perlu dilakukan langkah untuk menghemat biaya lampu PJU sehingga tidak boros dan membebani anggaran daerah dengan cukup banyak.

Kriteria Lampu PJU yang Baik

Agar suatu lampu PJU dapat berfungsi dengan baik maka setidaknya harus memenuhi tiga buah kriteria yang berupa faktor keamanan, terutama pada instalasinya, juga faktor ekonomis, yakni harga beli per satuannya yang wajar dan juga biaya pemakaian dan juga biaya perawatan atau biaya pemeliharaannya yang hemat dan faktor yang ketiga adalah faktor estetikanya, hendaknya lampu PJU tersebut dari segi desain lampu juga bentuk tiangnya, serta juga instalasi atau pemasangannya dilakukan secara rapi, dan juga penempatannya tidak mengganggu dan justru bisa menambah keindahan pemandangan di lingkungan sekitar lokasi tempat berdirinya.

Alternatif Cara Menghemat Biaya Lampu PJU

Selama ini lampu PJU yang biass digunakan adalah seperti lampu HPL, atau Lampu SON-T dan Lampu LVD, juga lampu Neon, atau juga lampu HPL-N yang masih menggunakan daya listrik dari PLN (Perusahaan Listrik Negara). Sebenarnya lampu-lampu tersebut telah cukup memenuhi kriteria sebagai lampu PJU yang baik. Namun agar bisa lebih hemat lagi maka bisa ditempuh cara lain. Sebagai salah satu alternatif cara yang bisa dipilih guna melakukan penghematan energi untuk lampu penerangan jalan ataupun PJU maka bisa dicoba untuk mengganti lampu jalan yang lama dengan lampu hemat energi yang memiliki life time ataupun jangka waktu pemakaian yang lebih tahan lama dan awet, bisa digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama, selain hemat dalam konsumsi listriknya juga. Guna mendapatkan lampu PJU yang memiliki daya pakai yang lebih lam dan bisa menghemat tagihan bulanan listrik maka dapat digunakan jenis lampu yang berteknologi LED sebagai lampu PJUnya. Daya tahan lampu LED bisa mencapai hingga 50.000 jam pemakaian.

Harga Lampu PJU (Penerangan Jalan Umum) Berteknologi LED

Sebagai gambaran mengenai perkiraan biaya investasi awal yang akan diperlukan untuk mengganti sistem teknologi lampu PJU tersebut maka perkiraan harga lampu PJU LED itu ialah sekitar 200 ribu Rupiah per satu set untuk lampu PJU LED yang berdaya 45 watt. Sedangkan untuk lampu JPU LED dengan daya yang lebih tinggi lagi maka kisaran harganya adalah 400 ribu Rupiah per set. Lampu jalan atau PJU LED yang tersedia di pasaran sangat bervariasi ukuran besaran dayanya, ada yang berdaya listrik mulai dari 20 watt, dan 30 watt, serta 40 watt, juga 50 watt serta 80 watt hingga 120 watt.

Investasi awal untuk lampu PJU berteknologi LED atau tenaga surya mungkin lebih mahal, namun daya pakainya cukup lama, dan juga biaya bulannya termasuk biaya pemeliharaannya akan jauh lebih murah.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *